Minggu, 14 April 2019

6 Tips Kredit Mobil Bekas yang Perlu Anda Terapkan


Mobil bekas kondisinya tidak selalu jelek. Anda bisa mendapatkan mobil bekas serasa mobil baru jika cermat memilihnya. Tentunya dengan harga yang jauh lebih murah dari mobil baru. Bahkan sekarang ini Anda bisa melakukan kredit mobil bekas.

Membeli mobil bekas tentu tidak semudah membeli mobil baru. Anda harus mengecek kondisi dan performa mobil, apakah ada kerusakan atau tidak? Apakah mobil sering dipakai untuk jarak jauh atau tidak? Bagaimana perawatannya? Dan tentu saja, apakah harganya yang ditawarkan itu setimpal dengan kondisi mobil?

Hal-hal terkait mobil memang perlu dicek karena Anda akan membeli mobil yang pernah dipakai. Anda tidak tahu bagaimana riwayat mobil tersebut. Tapi ada hal lain yang harus Anda perhatikan, yaitu apa jenis pembayaran yang akan Anda lakukan?

Membeli Mobil Secara Kredit
Biasanya, ada dua jenis pembayaran ketika Anda membeli mobil, yaitu secara cash dan kredit. Jika dibayar cash, selesai sudah urusan Anda. Namun jika Anda memilih kredit mobil bekas, coba perhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Perbanyak referensi
Sebelum membeli sesuatu, bekali diri Anda dengan informasi yang cukup. Termasuk dalam membeli mobil bekas. Sebaiknya Anda tidak memilih satu mobil sebelum membandingkannya dengan yang lain. Sebaik apapun review yang diberikan atau sesuka apapun Anda pada mobil tersebut, coba untuk membandingkan dulu dengan mobil-mobil yang lain. Siapa tahu Anda menemukan yang lebih baik dari sebelumnya.

Penting bagi Anda untuk dapat mengenali mobil bekas yang masih bagus atau tidak. Periksa dengan cermat. Kalau diperbolehkan, Anda bisa test drive untuk meamstikannya.

2. Hitung dan pertimbangkan
Ketika Anda memutuskan membeli mobil secara kredit, ada sejumlah biaya yang perlu Anda pertimbangkan selain uang muka dan cicilan per bulan. Ada biaya provisi, jaminan fudisa, asuransi kendaraan dan bahkan biaya pemeliharaan rutin yang akan keluarkan nantinya.

Hitung dan pertimbangkan biaya-biaya tersebut. Jangan hanya pikirkan cicilan per bulan. Jika tidak dihitung dengan benar, Anda bisa kaget dan keuangan Anda bisa terganggu.

3. Suku bunga
Kredit mobil bekas juga harus memikirkan suku bunga yang dibebankan. Semakin lama jangka waktu cicilan, semakin besar suku bunga yang Anda bayarkan. Ini akan sangat mempengaruhi nilai beli secara keseluruhan dan cicilan bulanan yang Anda bayarkan. Oleh karena itu, pilihlah dealer yang menawarkan kredit dengan bunga paling rendah.

4. Cicilan
Biasanya, jangka waktu cicilan pada kredit mobil bekas lebih pendek dibandingkan dengan mobil baru. Tapi sesuaikan juga dengan kondisi keuangan Anda. Jangan karena ingin cepat segera bebas dari utang kredit, Anda memilih cicilan dengan jangka waktu terpendek. Jika Anda tidak mempertimbangkan kebutuhan lain, kondisi keuangan Anda bisa terganggu dan kebutuhan lain tidak bisa terpenuhi.

5. Cari bonus
Bonus biasanya diberikan untuk pembelian mobil baru. Tapi tidak ada salahnya Anda menanyakan soal bonus ini ketika Anda membeli mobil bekas. Siapa tahu dengan Anda meminta, Anda akan diberi bonus tersebut.

6. Persyaratan
Mengajukan kredit biasanya akan diminta mengumpulkan beberapa dokumen sebagai persyaratan. Cari tahu dengan baik persyaratan yang dibutuhkan agar pengajuan kredit Anda disetujui.

Nah, itulah 6 tips yang perlu Anda lakukan sebelum kredit mobil bekas. Pilih mobilnya, periksa kondisinya dan bandingkan dengan mobil lainnya, dan pilih besar cicilan yang sesuai dengan keuangan Anda. mobil bekas tidak selalu dalam kondisi jelek. Jika cermat memilih, Anda bisa mendapatkan mobil bekas serasa baru dengan harga yang lebih murah.


EmoticonEmoticon